Tutorial: Hiro Comic Process!

Hello! Raina is back and HAPPY NEW YEAR GUYS!! Gak kerasa udah 2017 aja hahahaha 2016 sure was a tiring and hectic year for me :’D Hope this years fills with happiness and kindness and be my year!

 

ANYWAYS

Kali ini Raina datang dengan membawa tutorial proses bikin komik Hiro!! Yep mulai dari bikin lineart secara tradisional sampai penempatan dialog menggunakan PS hohoho.

Raina nggak terlalu suka digital lining dan inking soalnya udah enak tradi dan tbh, tradi lebih mengasah gue membuat anatomi yang bener karena digital memaksa gue untuk ubah-ubah anatomi kalo jelek HAHAHA CHEATING AT IT’S FINEST.

Pertama pasti gambar sketch menggunakan pinsil warna. Raina memakai Pilot Color Eno 0.7 yang warna orange atau green. Abis itu baru manual lining pake Sakura Pigma Micron 0.05 sama 0.1.

img_8712

Abis itu baru kita inking! Biasanya inkingnya pake Sakura Pigma Brush atau Pentel Fude Pen (belom dijual bebas di Indonesia CRIES) atau kalau mau cepet bisa pake kuas tulis biasa yang dicelupin tinta, biasanya merk Winsor And Newton.

img_8713

Nah kalo misal-misal ada yang salah, kita hapus pake (semacam) tipe-x bernama White Pen! White Pen bisa didapet di beberapa toko alat-alat stationary dan toko buku! Pakai cat poster secara manual juga bisa! Biasanya Raina pakai Uni Signo White Pen atau Gelly Roll Sakura!

Perlu diingat cat lain selain cat poster (cat air dan cat minyak) kurang rekomen diaplikasikan karena mereka sifatnya transparan dan tidak menutup tinta secara sempurna ;;^u^)

Penampakan White Pen
Penampakan White Pen

Setelah inking, baru kita scaaan OuO)/ Jangan lupa kontras dinaikin biar efek arsir inking ilang dan hitam sempurna

scan0003
Hasil Scan-an, kontras dinaikin sampai garis arsis hasil inking ilang.

Sehabis itu masuklah ke SAI. Apus titik-titik tidak perlu dan jangan lupa ubah gambar ke transparan. Ini perlu supaya gambar yang dihasilkan bisa diutak-atik layaknya lineart asli digital.

Pencetnya yang ini ya minnasan.
Pencetnya yang ini ya minnasan.

Setelah dipastikan udah transparan, kita mulai masukin screen tone dan shading! Screen tone berbagai pattern tersedia banyak di Google jadi tinggal download, atau kalau mau pakai pattern sendiri tinggal buat di SAI atau PS 😀 Aplikasi screen tone sama aja seperti screen tone manual, kok!

masukin Screen Tone,
masukin Screen Tone,
apus bagian yang ga perlu!
apus bagian yang ga perlu!

Setelah dirasa cukup, masuk ke PhotoShop! Bikin balon-balon kata dan masukin dialognya secara digital!

capture4

 

Lalu jadi deeeeeh!!

04
Siap upload!

Perlu diingat, tools doesn’t make an artist! Asalkan kamu nyaman pake alat yang biasa dipakai, setiap hasil pasti akan bagus! Every artist is a crappy artist at first, so keep moving and improving! Setiap artist punya alat, style dan teknik yang berbeda-beda untuk mengashilkan karya, jadi jangan takut berkesperimen dan explore alat dan teknik!

 

Begitulah tutorial menggambar Hiro dari Raina! Keep improving and stay awsum! //balik rodi ngerjain Hiro episot 11

 

mwd 🙂

Leave a comment